Jual Kostum Badut Murah Berkualitas

Sekilas Tentang Kostum Badut

Kamu mencari tempat jual kostum badut murah? Tak usah gelisah ataupun pusing, kamu bisa membeli kostum-kostum badut di toko online. Sebab saat ini banyak sekali kostum badut yang di jual secara online. Tapi untuk kamu yang alergi belanja online, masih ada kok toko-toko offline yang menjual kostum badut ini. Mulai dari kostum badut maskot untuk di jual sampai dengan kostum badut berbentuk binatang, semuanya bisa kamu temukan.

Kostum Badut Maskot

Mungkin sebagian dari kamu sedang bertanya-tanya memang apa kegunaan dari kostum badut? Sampai ada orang yang mencarinya. Sebenarnya ada banyak lho, fungsi dari kostum badut. Penasaran? Perhatikanlah sekilas uraian mengenai pengertian, jenis, kegunaan sampai cara pembuatan kostum badut berikut ini.

Pengertian

Sebelum membahas tentang pengertian kostum badut, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa pengertian dari badut. Apa sih badut itu? Badut secara umum di artikan sebagai seorang penghibur yang mempoles wajahnya dengan bedak tebal dan menggunakan pakaian yang di gunakan aneh. Selain itu, badut juga terkenal dengan peragaan mimik-mimik wajah yang lucu.

Badut adalah profesi yang sangat tua. Ini di sebabkan badut sudah ada sejak jaman Romawi kuno dan Yunani kuno. Dari jaman dulu, badut telah menghibur dan mencari nafkah di jalanan. Sehingga bisa di bilang bahwa badut adalah profesi tertua di jalanan.

Nah itulah sekilas tentang badut, lalu bagaimana dengan kostum badut? Sesuai namanya kostum adalah pakaian atau gaya pakaian yang di pakai seseorang. Sehingga pengertian dari kostum badut adalah pakaian yang di gunakan oleh badut. Pakaian ini biasanya di desain secara khusus. Desain tersebut di buat menyerupai beberapa karakter ataupun tokoh-tokoh tertentu.

Jenis-jenis Kostum Badut

Secara umum kostum badut memiliki banyak bentuk yang berbeda-beda. Ada kostum badut berbentuk maskot binatang, ada pula kostum yang berbentuk karakter Disney dan kostum dalam bentuk lainnya. Namun sejatinya jenis kostum di bedakan menjadi dua, yaitu :

Kostum Badut Maskot

Kostum badut maskot adalah kostum badut yang biasanya di buat oleh sebuah perusahaan atau lembaga sebagai logo dari perusahaan ataupun lembaga tersebut agar lebih di kenal oleh masyarakat luas. Selain itu, badut maskot juga sering di gunakan untuk pengenalan merk, promosi produk, maupun untuk menarik pengunjung ke suatu pameran tertentu. Hal ini di sebabkan kostum badut maskot memang di desain khusus untuk merepresentasikan sesuatu.

Ada banyak jenis kostum badut maskot. Salah satunya adalah kostum badut maskot McDonalds. Kostum badut maskot McDonald’s ini menjadi salah satu kostum badut maskot yang paling terkenal. Sebab kostum maskot ini, memiliki desain yang unik dan sangat menarik.

Kostum Badut Karakter

Jenis kostum badut yang kedua adalah kostum badut karakter. Kostum badut karakter ini biasanya di buat menyerupai karakter atau tokoh-tokoh dalam serial kartun. Seperti halnya kostum Batman atau kostum Kapten Amerika. Namun di antara banyaknya kostum badut karakter, kostum badut karakter yang paling terkenal adalah karakter-karakter kartun buatan Disney. Kostum badut karakter ini biasanya sering kita jumpai pada pesta ulang tahun anak-anak ataupun pada acara family gathering.

Fungsi Kostum Badut

Tak sedikit orang yang mencari tempat jual kostum badut murah. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Orang mencari tempat yang menjual kostum badut pastinya untuk membelinya. Tapi kenapa orang mau membeli kostum badut?

Ada berbagai macam alasan orang membeli kostum badut. Salah satunya adalah untuk digunakan sebagai sarana bekerja. Terutama bagi mereka yang pekerjaannya adalah sebagai badut ulang tahun maupun badut jalanan. Namun selain untuk pekerjaan sebagai seorang badut, apa sih fungsi dari kostum badut?

Penasaran dengan fungsi kostum badut? Baik itu kostum badut karakter maupun kostum badut maskot. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari kostum badut.

  1. Sarana untuk mempromosikan produk, berupa barang maupun jasa.
  2. Sebagai maskot untuk kegiatan lembaga pemerintahan. Contohnya KPU ( Komisi Pemilihan Umum ) yang membuat maskot sebelum menyelenggarakan kegiatan PILKADA ( Pemilihan Kepala Daerah ) secara bersama-sama di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Sebagai maskot lembaga sosial. Kostum badut maskot yang di gunakan untuk lembaga sosial ini, memiliki fungsi untuk menekankan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap sebuah program tertentu. Tentunya program ini, sebelumnya telah di siapkan dan dibuat oleh lembaga sosial.
  4. Untuk menambah daya tarik masyarakat terhadap sebuah program atau acara hiburan keluarga di TV.
  5. Untuk promosi maupun kampanye dalam penggalangan dana.
  6. Sebagai maskot dalam acara pertandingan olahraga. Seperti halnya ASIAN Games, Olimpiade, ASEAN Games dan lain sebagainya.
  7. Sebagai sarana kampanye dan promosi wisata, serta
  8. Untuk menarik perhatian dalam beragam acara lainnya.

Dari fungsi-fungsi di atas dapat kita simpulkan bahwa pembuatan kostum badut memiliki beberapa tujuan utama. Tujuan utama tersebut, meliputi untuk memenuhi keperluan pemasaran, untuk memenuhi keperluan panggung hiburan dan untuk membantu keperluan bisnis.

Cara Membuat Kostum Badut

 Selain toko tempat menjual kostum badut jadi, tahukah kamu? Kalau ada pula jasa serta tempat pembuatan kostum badut. Pembuatan model kostum badut ini di sesuaikan dengan pesanan pelanggan.

Ada dua cara yang umum di gunakan untuk membuat kostum badut. Cara tersebut, meliputi :

Mendesain karakter sendiri

Kamu bisa membuat kostum badut dengan desain buatanmu sendiri. Cara ini biasanya di gunakan untuk membuat kostum badut maskot. Caranya pun tidak terlalu mudah. Kamu harus ke jasa pembuatan kostum badut. Akan tetapi, sebelumnya buatlah desain yang sesuai dengan karakter yang ingin kamu buat.

Namun, jika kamu tidak bisa membuat sendiri yang bagus dan bosan dengan berbagai bentuk kostum badut yang sudah ada, kamu bisa langsung pergi ke tempat jasa pembuatan kostum berada. Kemudian katakan ke penjaganya dan mintalah di buatkan karakter baru sesuai dengan apa yang ada dalam bayangan kamu. Hal itulah yang menjadi kesulitan utama dalam membuat kostum badut dengan membuat desain karakter sendiri.

Kamu harus mendesain secara rinci dan jelas rancangan karakter kostum. Mulai dari ukuran, bentuk depan, bentuk samping dan lain sebagainya. Kendati kamu meminta desain juga di buatkan oleh penyedia jasa, tapi kamu juga harus menggambarkan secara jelas, rinci dan detail, agar karakter yang di buat bisa mendekati dan sesuai karakter yang kamu inginkan.

Meniru karakter terkenal

Cara membuat kostum dengan meniru karakter terkenal, memang terlihat mudah dan simpel. Hal ini di karenakan gambaran tokohnya sudah sangat jelas. Namun dalam pembuatan tetap di butuhkan komunikasi yang baik antara pemesan dan pembuat. Komunikasi ini berguna untuk menentukan ukuran, warna yang di minta, jenis bahan yang di perlukan dan beberapa ketentuan dasar lainnya. Jadi meski terlihat simpel, namun pembuatan kostum badut tidak semudah itu.

Penutup

Itulah sedikit informasi mengenai badut dan kostumnya. Semoga informasi ini bisa dapat menambah wawasan kamu. Akhir kata, selamat memilih tempat jual kostum badut murah, baik online maupun offline yang sesuai dengan keinginan dan kriteria kamu.